Babinsa Monitoring Pembangunan Tanggul Geoback dan Geotextil di wilayah binaan

Niasnewsinfo. Kamis tanggal 14 Oktober 2021 Babinsa Koramil 06/Tuhemberua An. Sertu Forius Zega melaksanakan monitoring pembersihan lahan dalam rangka pembuatan tanggul sebagai penahan banjir di Sungai Sowu Desa Hilimbosi Kecamatan Sitoluori Kabupaten Nias Utara.

Banjir yang sering melanda Ds Hilimbosi khususnya sekitar simpang Awaai apabila musim hujan, sehingga Pemda Nias Utara mencari solusi yakni membuat tanggul sebagai penahan banjir masuk ke pemukiman warga.

Babinsa Ds Hilimbosi Sertu Zega menyampaikan kepada media bahwa sudah sekitar 1 minggu pelaksanaan kegiatan ini dan berjalan sesuai yang diharapkan, sekaligus membantu juga memberi sosialisasi kepada warga yang mempunyai lahan sekitar. Kita beri pemahaman kepada warga bahwa yang dilakukan Pemda ini untuk keselamatan kita semua. Sosialisasi dilakukan dlm rangka memberikan pamahaman kepada warga Desa Hilimbosi Pemilik Lahan disepanjang Lokasi Pembangunan Tanggul Geoback dan Geotextil agar ikhlas dan sukarela (tanpa ganti rugi) menghibahkan tanah yg akan dilintasi oleh tanggul (selebar 35 M) di 4 titik (spot) sepanjang sungai Sowu sehingga kegiatan pekerjaan pembangunan tanggul tidak terhambat.

Dari pantauan media saat sosialisasi mendapatkan reaksi dan tanggapan Masy Pemilik lahan sbb:

  1. Menghibahkan lahan yang akan dilintasi pembangunan tanggul namun sangat mengharapkan secercah bantuan berupa ganti rugi tanaman dari Pemerintah Kab. Nias Utara.
  2. Mengharapkan agar Masyarakat pemilik lahan dapat diberi kesempatan menjadi tenaga kerja atau menjadi penyedia bahan baku pembangunan tanggul yang memungkinan bahan baku tersebut tersedia di Desa Hilimbosi oleh Hutama Karya yang sedang melangsungkan Giat di sepanjang sungai Sowu

Ditambahkan juga oleh Babinsa agar selalu waspada terhadap bencana banjir karena cuaca di pulau nias curah hujan cukup tinggi, untuk menghindari hal hal yang tidak kita inginkan.